Sosialisasi Jamban Sehat Desa Sukorejo

Pemalang, 22/07/2019–Jamban adalah suatu ruangan yang mempunyai fasilitas pembuangan kotoran manusia yang terdiri atas tempat jongkok atau tempat duduk dengan leher angsa atau tanpa leher angsa (cemplung) yang dilengkapi dengan unit penampungan kotoran air untuk membersihkannya.

Dalam memberikan fasilitas jamban sehat Pemerintah Desa Sukorejo mengajukan kepada pemerintah kecamatan untuk memberikan jamban pada warga Desa Sukorejo. Hasil dari pengajuan desa maka telah disetujui untuk diberikan bantuan berupa jamban sejumlah 85.

Pada Senin, 22 Juli 2019 Pemerintah Desa Sukorejo mengadakan sosialisasi jamban sehat untuk warga desa yang menerima bantuan jamban. Sosialisasi diadakan di Balai Desa Sukorejo. Dalam sosialisasi diadakan pembahasan mengenai pengertian jamban sehat, syarat jamban sehat dan cara merawat jamban.

DSCF1811

Gambar 1. Sosialisasi Jamban

Pembahasan selanjutnya juga dijelaskan bagaimana membangun jamban yang baik dan benar agar tidak mencemari lingkungan sekitar dan menyebabkan gangguan kesehatan. Setelah sosialisasi jamban dilakukan, sosialisasi mengenai program multidisiplin mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro Desa Sukorejo.

Program yang dibawa adalah pembuatan Aquaponik. Aquaponik merupakan sebuah alternatif menanam tanaman dan memelihara ikan dalam satu wadah. Proses dimana tanaman memanfaatkan unsur hara yang berasal dari kotoran ikan yang apabila dibiarkan di dalam kolam akan menjadi racun bagi ikannya. Lalu tanaman akan berfungsi sebagai filter vegetasi yang akan mengurai zat racun tersebut menjadi zat yang tidak berbahaya bagi ikan, dan suplai oksigen pada air yang digunakan untuk memelihara ikan. Dengan siklus ini akan terjadi siklus saling menguntungkan dan bagi kita yang mengaplikasikanya tentu saja akan sangat menguntungkan sekali, karena lahan yang dipakai tidak akan terlalu luas.

DSCF1839

Gambar 2. Sosialisasi Program Multidisiplin

Acara tersebut diakhiri sebelum jam makan siang, selama acara warga antusias dan selalu ikut aktif dalam bertanya dan menanggapi sosialisasi yang diberikan.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *